Ada banyak souvenir promosi yang biasanya digunakan perusahaan untuk menarik perhatian calon konsumennya. Sebelumnya, kegiatan promosi yang sering kita dengar atau lihat sendiri merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang umumnyasangat mempengaruhi hasil laba suatu perusahaan. Semakin bagus promosi yang dilakukan oleh perusahaan, akan semakin besar pula kemungkinan laba yang akan didapatkan. Dengan adanya kegiatan promosi ini, perusahaan bisa menginformasikan berbagai jasa dan juga produk yang ia miliki kepada setiap konsumen yang ada di pasaran. Selain itu, dengan kegiatan promosi yang dilakukan oleh setiap perusahaan mengingatkan kita bahwa menempatkan suatu merek tertentu merupakan salah satu pilihan yang paling utama untuk diketahui. Nah, agar setiap konsumen yang ditemui selalu mengingat dan mengenal suatu  produk perusahaan biasanya diberikan sebuah souvenir.

Souvenir promosi adalah pernak-pernik yang sangat sering kita jumpai dalam promosi suatu produk atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan. Souvenir ini biasanya sering dipakai oleh setiap konsumen diberbagi kesempatan, entah itu pergi ke pasar hingga berbelanja di berbagai pusat perbelanjaan modern. Dari banyaknya souvenir yang dipakai untuk kegiatan promosi, salah satu yang paling menonjal adalah kaos oblong yang didesain dengan adanya bordir ataupun sablon. Biasanya kaos oblong ini memiliki tulisan logo atau gambar setiap perusahaan terkait. Dengan adanya desain yang menarik, tentunya akan membuat para konsumen lebih tertarik untuk memakai dan akhirnya ingin membelinya. Karena itulah, souvenir merupakan hal yang penting dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh setiap perusahaan.

Ada beberapa cara yang harus diketahui oleh perusahaan untuk menentukan apakah souvenir terbaik untuk kegiatan promosinya. Untuk menentukan souvenir yang paling tepat, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh setiap perusahaan yang bersangkutan. Berikut adalah beberapa cara yang bersumber dari berbagai buku terpercaya mengenai manajemen pemasaran yang terbaik:

  • Melakukan analisa mengenai kegunaan dan juga fungsi dari souvenir tersebut. Pilihlah souvenir yang biasanya akan sering digunakan oleh konsumen
  • Sesuaikan souvenir tersebut antara fungsinya dan juga bagaimana karakteristik setiap audiens. Contoh, payung merupakan salah satu bentuk souvenir yang cocok digunakan untuk semua kalangan
  • Desain dengan baik souvenir promosi tersebut agar menarik perhatian konsumen