Saat ini ada banyak sekali perusahaan yang secara sengaja memanfaatkan berbagai souvenir perusahaan untuk dijadikan sebagai merchandise promosi perusahaannya. Tujuan pemberian merchandise ini sendiri cukup sederhana, yakni untuk memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen atau pelanggannya. Dengan begitu perusahaan bisa mempertahankan konsumen yang telah lama menjadi pelangannya dan juga sekaligus bisa mencari berbagai konsumen baru yang bisa menambah nilai laba yang akan didapatkan oleh perusahaan tersebut menjadi lebih besar. Saat ini sudah ada banyak barang yang bisa dijadikan sebagai merchandise untuk kegiatan promosi perusahaan. Jadi, pihak perusahaan bisa mempertimbangkan mana yang paling mudah dan cocok untuk dijadikan sebagai barang promosi yang ia akan lakukan nantinya.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan merchandise promosi yang ia lakukan. Namun dasarnya, perusahaan akan mencari barang atau pilihan barang yang populer dan juga sedang ngetren saat ini. Beberapa tahun yang lalu, perusahaan akan lebih memilih barang seperti payung, tas, kaos, ataupun jam dinding untuk kegiatan promosi yang ia lakukan. Akan tetapi di era perkembangan teknologi ini, ada perubahan yang sangat drastis dari segi pilihan barang merchandise ini. Biasanya perusahaan akan lebih memilih merchandise sejenis :”

  • Powerbank
  • USB flashdisk
  • Sarung ponsel
  • Tongsis
  • Dan beberapa peralatan lain yang berkaitan dengan gadget lainnya

Walaupun ada banyak jenis merchandise yang tengah populer dikalangan masyarakay, barang promosi yang dipilih sebaiknya harus relevan dengan bisnis produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang terkait. Atau dengan kata lain, merchandise tersebut dijadikan sebagai perwakilan barang yang Anda jual. Sehingga dalam merchandise tersebut harus ada beberapa elemen penting yang wajib diikutsertakan. Salah satunya adalah produk, merek produk, nama perusahaan dan masih banyak lagi. Contoh, apabila perusahaan terkait bergerak dalam bidang perbankan, ia bisa memilih barang untuk promosi dalam bentuk alat-alat tulis perkantoran, seperti buku agenda ataupun USB flashdisk. Barang-barang yang demikianlah yang bisa langsung menargetkan pasar pada konsumen. Contoh lainnya, apabila perusahaan tersebut bertujuan untuk mengikat jiwa anak mudah, powebank adalah pilihan yang terbaik untuk merchandise promosi.